Wednesday, December 5, 2012

Cinta atau Butuh ?

barusan nonton pelem drama, karya negeri kita. udah beberapa taun terakhir, aku gak terlalu exited lagi sama cerita-cerita drama cinta yang menye-menye gitu. alesan pertama, bikin ngiri. alesan kedua, karena aku cengeng dan males nangis-nangisan. alesan ketiga, buat bangun 'tembok'. banyak lah alesan lain. tapi, ya udahlah. bukan itu yang mau dibahas.

judul pelemnya 'Test Pack'. pelemnya diadaptasi dari novel best seller karya Ninit Yunita. aku belum pernah baca sih. sama kayak alesan di atas, aku juga ngindarin novel drama penuh cinta belakangan ini. aku gak ngebahas tentang isi pelemnya secara keseluruhan sih. cuma pengen ngambil inti sarinya. buat yang belum nonton, nonton deh. ceritanya bagus.

jadi gini, di bagian belakang-belakang pelemnya ada percakapan gini :

Rahmat (R) : "Maafin saya."
Shinta (S) : "Aku butuh kamu, Mas."
R : "Bukan kamu. Tata."
S : "Dia gak bisa ngertiin Mas. Aku yang bisa."
R : "Aku juga mau bisa sayang sama kamu. Saya tau cuma kamu yang bisa ngertiin saya. (diem bentar, trus ngeluarin cincin Tata dari saku bajunya). Tapi ini masih terus saya bawa, ke mana pun saya pergi. Sampai kapan pun, saya gak akan pernah bisa punya hubungan sama siapa-siapa, termasuk sama kamu, karena saya sangat sayang sama Tata."
S : "Meski dia ninggalin Mas?"
R : "Iya."
S : "Kalo Mas gak sama aku, Mas sama siapa? Aku sama siapa, Mas?"
R : (peluk Sinta, cium jidatnya, trus pergi)


buat yang bingung sama percakapan itu, makanya nonton dulu gih. buat yang udah nonton, aku mau sharing pikiran dikit. campur kesotoyan juga sih biar asik.

selama ini, aku sering banget denger kalimat yang intinya bilang kalo kita gak harus dapetin orang yang kita mau, tapi kita bisa dapetin orang yang kita butuh. kalo pas liat pelem itu, aku pikir Rahmat butuh Sinta yang ngerti kondisi dia dan nerima dia karena mereka ada di posisi yang sama. tapi, Rahmat tetep milih Tata, karena dia sayang sama Tata, padahal Tata udah ninggalin dia. Atau karena sebenernya Rahmat lebih butuh Tata yang ada di samping dia, bukan Sinta.

aku jadi mikir, istilah 'orang yang kita butuh' kalo udah menyangkut urusan hati itu fleksibel banget ya. bukan cuma butuh dalam hal dimengerti, kayak yang Sinta pikir dibutuhin Rahmat dari dia, tapi juga hal lain. apa hal lain itu? yup. butuh cinta.

ini mungkin bisa jadi alasan, kenapa orang yang keliatan cocok, saling ngerti satu sama lain, saling perhatian, dan saling blabla sebagainya, tapi gak bisa nyatu juga. mungkin, mereka udah saling memenuhi kebutuhan lain-lain itu, tapi ternyata kebutuhan dalam hal cinta belum terpenuhi.

balik lagi ke pelemnya. Rahmat akhirnya milih ngejer Tata, berusaha nyelamatin pernikahan mereka. padahal dia tau dia gak bisa ngasih apa yang Tata pengen. bentuk keluarga yang lengkap. kalo dipikir pake logika, Tata gak akan nerima dia semudah Sinta. tapi, mereka tetep bisa nyatu pada akhirnya. kenapa? karena mereka saling cinta. sementara Sinta ngejer Rahmat cuma karena Rahmat bisa ngerti kondisi dia.

dari sini, aku ngambil kesimpulan sotoy. gimana pun sebuah pasangan ngerasa saling melengkapi kebutuhan satu sama lain, mereka gak akan penah bener-bener lengkap kalo gak ada cinta yang nyata. cuma saling butuh dimengerti aja gak cukup. ngerti beda jauh sama cinta. saat kamu merasa ngerti seseorang, belum tentu kamu cinta sama dia. tapi, kalo kamu cinta sama seseorang, kamu pasti selalu berusaha buat ngerti dia. dan menurut aku, orang yang paling kamu butuhin itu adalah orang yang kamu cintai.


yah, demikianlah ulasan singkat dan sotoy saya. sebelum penutupan, ada lagi nih kutipan bagus dari pelem ini:

- "apa adanya kamu, sudah melengkapi saya." - Rahmat

- "gak ada alasan untuk kita rujuk. karena sebenernya gak ada alasan juga untuk kita pisah." - Tata

No comments: