Sunday, November 25, 2012

Cetakan Kedua "Wonderfully Stupid" :D

Pagi-pagi, sekitar pertengahan Oktober kemarin, aku masih di kelas, lagi ikut preparation TOEFL, tentang Reading. Tiba-tiba, hape getar. Ada telepon. Karena masih dikelas dan nomor yang nelepon gak aku kenal, jadi aku abaikan. Mikirnya, paling orang iseng gak ada kerjaan pagi-pagi. Nomor yang sama itu nelepon sampe 3 kali. Akhirnya aku SMS, bilang kalo aku masih di kelas, kalo penting, ntar aja telepon lagi. Gak lama kemudian, ada SMS balesan. Isinya: "Mbak Elsa, ini dari kantor pos pusat Malang, ada kiriman paket dari Jogja, tapi kayaknya nomor rumahnya salah. Bisa dikirim lagi alamatnya?"

Aku mikir. Paket apaan dari Jogja? Siapa kenalanku di Jogja yang ngasih kiriman? Seingetku, gak ada temen-temenku di Jogja yang tau alamatku di Malang. Sempet parno kalo itu penipuan. Jadi gak aku tanggepin.

Begitu selesai kelas, aku ngabur ke perpus, cari bahan tambahan buat proposal skripsi sambil cuci mata, kali aja ada mamas cakep yang juga lagi nyusun skripsi. Nomor misterius itu nelepon lagi. Kali ini aku angkat. Suara bapak-bapak yang kedengerannya baik, nanya nomor rumah karena ada kiriman. Akhirnya nyoba buat percaya, meskipun masih bingung, aku kasih penjelasan tentang alamat rumah, patokan-patokannya, si Bapak kayaknya bingung. Akhirnya aku minta taruh aja paketnya di kantor pos UB, ntar aku ambil sendiri. FYI, kantor pos pusat lokasinya di deket alun-alun kota, kalo ke sana harus naik angkot. Panas. Males. Sedangkan kantor pos UB, lokasinya ya di UB, deket perpus. Ngesot dikit nyampe. Akhirnya kita deal.

Sekitar jam 12 siang, si Bapak nelepon lagi, bilang kalo dia udah di deket bis surat. Aku bisa nemuin apa gak, katanya. Entah efek otak lagi lemot ato karena udah siang dan panas plus belom kenyang sarapan, aku malah ngabur ke kantor pos UB, ngira si Bapak di sana. Dengan manisnya, nanya ke petugas kantor pos tentang kiriman paket buat aku. Si Ibu bilang gak ada paket buat Elsa Puspita. Trus aku tanya, bis surat di mana. Si Ibu makin bingung dan bilang, "Kita udah nggak pake bis surat lagi, Mbak." Makin heranlah diriku yang malang ini. Trus aku SMS Bapaknya, nanya si Bapak di bis surat mana. Trus dibales, "Depan Fakultas Teknik, Mbak." GOSH!! Siang-siang, aku harus bolak-balik dari perpus ke FT balik lagi ke perpus. Mayan bikin ketek berkuah (gak usah dibayangin. Menjijikkan, sumpah).

Begitu di depan FT, aku mencari-cari sosok si bapak dan 'bis' suratnya. Gak ada tanda-tanda keberadaan 'bis' surat. Aku SMS lagi, "Saya sudah di depan FT, Pak. Bapak di mana?" Nih mulai berasa kayak kopdar sama temen ceting yang gak tau bentuk mukanya gimana. Lagi-lagi si Bapak bales, "Di sebelah bis surat, Mbak."

Garuj-garuk kepala, garuk-garuk jidat, garuk-garuk ketek, mana sih 'bis' surat? Segitu butakah mata saya sekarang sampe gak bisa ngeliat 'bis' surat? Trus, seketika, pandanganku tertumpu di seberang, ada bapak-bapak pake motor oranye, khas pak pos, parkir di sebelah bis surat. Ya! Bis surat alias kotak surat! Goblik banget deh nih otak karena dari tadi nyari benda berbentuk mobil, beroda empat, warna oranye dengan tulisan 'Kantor Pos'. Finally, ketemu si Bapak. Paket pun nyampe di tangan.

Abis ngucapin makasih, aku balik ke perpus sambil ngeliatin paket di tangan. Ada logo 'Bentang Pustaka' di samping tulisan alamatku. Oh, dari Bentang. Terjawab sudah. Satu-satunya penduduk Jogja yang tau alamatku emang cuma Bentang. Paketnya aku timang-timang, sambil mikir apa isinya. Aku pencet-pencet, kayaknya buku. Buku apa? Perasaan aku gak pesen buku. Gak menang undian apa-apa juga. Begitu sampe di perpus, aku buka. Dan isinya adalaaaaaahhhhh......



Reaksiku :
- Bengong
- Mematung
- Speechless

Ini serius?

Kasih paketnya ke Iin, temenku yang ikut nangkring, trus nanya, bener gak itu tulisannya "Wonderfully Stupid Cetakan Kedua?"
Dia jawab, "Iya, Mar. Wih.... udah cetakan kedua. Kapan makan-makan??" (Yah, otaknya emang gak lepas dari makan gratis. Saya juga. Maklum, kita masih anak kos dan mahasiswi)

Aku masih diem, memandangi benda itu dengan takjub. Bener-bener gak nyangka. Novel yang aku tulis pertama kali di masa SMA, yang terinspirasi dari kisah cintaku yang tolol, bertepuk sebelah tangan, dan menyedihkan, ternyata dibaca banyak orang sampe bisa cetakan kedua. Sama sekali gak nyangka. Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah.....

Aku cuma bisa ngucapin makasih banyaaaakkkk banget ke semua yang udah mau baca novel ini. Buat kalian yang bacanya hasil minjem, makasih udah mau baca, buat yang minjemin semoga dapet pahala. Buat yang beli dan baca makasih banyak udah bersedia menyisihkan uang saku buat kepercayaannya beli novelku, padahal aku belum punya nama sedikit pun di dunia penerbitan dan tulis-menulis, tapi kalian tetep mau beli, makasih banget. Tanpa kalian, hal ini gak akan terjadi.

Dan terutama, makasih sebanyak dan sebesarnya buat Tim Bentang Belia dan Bentang Pustaka atas kesempatan emas dan kerjasamanya mau nerbitin novelku. Seneng kerja sama bareng semuanya. Semoga lain kali bisa kerja sama lagi :)))

Tahun ini bener-bener penuh berkah. Alhamdulillah, Ya Allah O:)



nb: Wonderfully Stupid - Elsa Puspita
- Cetakan Pertama : Juli 2012
- Cetakan Kedua : Oktober 2012

Review Buku : The Timekeeper by Mitch Albom

Judul : The Timekeeper (Sang Penjaga Waktu)
Penulis : Mitch Albom
Halaman : 311
Terbit : Oktober 2012
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Harga :

Tokoh utamanya bernama Dor, Sang Penjaga Waktu. Diceritain, dialah manusia pertama yang ngukur waktu, ciptain jam matahari, jam air, jauh sebelum generasi-generasi selanjutnya. Sejak kecil, Dor sudah tergila-gila menghitung segala sesuatu. Sementara orang-orang sekitarnya ngerjain pekerjaan yang lebih berguna buat ngumpulin harta, Dor malah asik sama hobi itung-itungannya. Karena hobinya itu, Dor harus diasingkan karena dianggap nggak menghargai anugerah Tuhan. Karena ulahnya, manusia-manusia di bumi pada generasi seterusnya, kita sekarang, jadi heboh ngukur-ngukur waktu, sampe kadang gak bisa nikmatin lagi apa yang dikasih Tuhan. Akhirnya Dor dihukum. Dia dikurung dalam sebuah gua, dipaksa denger semua keluhan orang-orang yang minta lebih banyak waktu. Sampe pada waktu tertentu, Dor dibebasin dan dikasih satu misi buat menebus kesalahannya. Dia harus nemuin dua orang yang punya masalah dengan waktu. Victor Delamonte, seorang pengusaha kaya raya yang mengidap penyakit parah yang bisa bikin dia mati, pengen punya lebih banyak waktu buat hidupnya dan cari cara biar bisa hidup abadi, dan Sarah Lemon, remaja pendiam yang sedang jatuh cinta, trus patah hati, dan pengen waktu hidupnya diperpendek karena gak sanggup menghadapi penolakan di sekitarnya. Dor harus menemui mereka dan mengajarkan makna waktu pada mereka.

Kalo diliat dari sinopsisnya, tema buku ini kayaknya berat. Tapi, setelah dibaca, bener-bener gak terasa. Tiba-tiba kita udah masuk ke halaman terakhir. Banyak banget makna yang bisa diambil, terutama tentang betapa pentingnya menghargai waktu. Kenapa Tuhan batesin waktu buat kita? Kenapa kita gak dibikin abadi aja biar bisa capai semua yang kita mau? Jawabannya sederhana. Supaya setiap waktu yang dikasih Tuhan itu berharga. Kalo sampe kita dikasih waktu yang gak terbatas, kita pasti gak akan menghargainya (omongan Dor).

Buat pecinta fiktif ilmiah, novel ini cocok buat koleksi. Buat yang gak terlalu suka bacaan berat, buku ini juga pas dibaca. Ibarat cemilan, ini beneran cemilan sehat. Ringan, tapi berbobot. Gak bakal nyesel bacanya. Selesai baca, kita bakal lebih bisa menghargai tiap detik yang kita buang gitu aja.

Wednesday, November 14, 2012

Tentang Arsen

Biografi Singkat....
Nama Lengkap : Andersen Jade Calvin
Panggilan : Arsen / Bunglon Sinting (spesial dari Lanna)
Tanggal Lahir : 11 Juni
Hobi : goda Lanna, tendang bola, eksperimen warna rambut
Cita-cita : nikah sama Lanna

'Little Secret' tentang tokoh Arsen....
First Name
Sebelum perombakan, waktu judulnya masih 'Semanis Brownies', nama 'Arsen' itu Diandra Junyvio. Tokoh Diandra gak segila Arsen. Dia tergila-gila sama tokoh 'Lanna', tapi dengan cara yang lebih kalem. Itu bikin auranya kurang keluar. Kurang memancar. Dan kurang bikin gemes. Sampe akhirnya dirombak.
Asal Nama
Nama 'Andersen' dapet dari iklan di internet waktu lagi asik menyelam di dunia maya. Yang pertama ketemu justru panggilannya, Arsen. Baru nyari nama lengkap. Waktu buka-buka web tentang nama-nama anak, munculah nama 'Jade' dan 'Calvin'. Jadi, buat yang mikir kalo Arsen punya hubungan sama tim bola Arsenal atau racun Arsenik, kalian salah, sodara-sodara!
Kenapa namanya kebule-bulean?
Biar lucu aja. Kemaren pas lagi ngerombak aku lagi girang sama nama-nama yang susah disebut. Walopun kadang aku sendiri gak tau gimana cara nyebutnya (misalnya, nama orang Perancis 'Llywelyn', yang aku pake buat proyek bareng Iin. Biar gak susah, kami sepakat kasih dia panggilan Lyn. Sampe sekarang, aku gak tau pelafadzan 'Llywelyn' yang baik dan benar).
Pengembangan Karakter
Kayak yang dibilang sebelumnya, tokoh 'Diandra' kurang hidup. Buat cari yang cetar menggelegar duarduar membahana badai topan dan sebangsanya, aku pengen kasih unsur yang gak biasa. Muncul deh kebiasaan nyentrik dia yang suka gonta-ganti warna rambut. Kayak yang pernah aku bilang di sini, awalnya itu cuma buat jadi benang merah interaksi pertama dia sama Lanna. Awalnya rambut Arsen cuma mau dibikin satu warna, tapi gak lazim. Trus, muncul pikiran, 'kenapa gak sekalian dijadiin ciri khas dia?'. Sampe akhirnya Arsen jadi gitu. Ditambah lagi dengan sikapnya yang dibuat lebih gila dan gigih buat narik perhatian Lanna. Dari awal, 'Diandra' emang udah dikonsep jadi tokoh idola, tapi gak semenarik 'Arsen'. Ntar deh, kapan-kapan aku posting contoh draf aslinya Wonderfully Stupid (a.k.a Semanis Brownies) yang pertama kali aku tulis waktu SMA kelas 2 buat perbandingan.


yahh... segitu dulu lah ya. Udah malem. Ntar kalo ada yang bisa ditambahin, baru lanjut lagi. Ciao!!

another side...

Aku melirik jam tangan sekali lagi. Sudah pukul setengah dua belas siang. Menghela napas pelan, aku mengeluarkan ponsel dan mulai mengetik cepat.

Woy! Dimana? Jadi gak mau pergi?

Send. Sembari menunggu balasan, mataku mengitari sekitar. Aku tengah duduk di teras gedung serba guna kampus, di sebelah masjid. Suasana masjid kampus siang itu cukup ramai, dipenuhi kaum lelaki yang siap melaksanakan Sholat Jumat. Ponselku bergetar. SMS balasan dari Rena, sahabatku.

Iyaaaa... Lagi bedakan nih. Sabaaarrr....

Aku baru akan mengetik untuk membalas lagi, ketika samar-samar terdengar bunyi krincing-kricing diikuti suara nyanyian anak kecil. Aku menoleh dan melihat sekitar tiga anak tengah berdiri di depan sekelompok mahasiswa yang duduk di bawah pohon sembari menunggu Sholat Jumat dimulai. Salah satu dari mahasiswa itu menatap pengamen cilik itu dengan tertarik. Begitu mereka selesai menyanyi, si pemuda memanggil anak-anak itu supaya lebih mendekat. Karena jarak mereka tidak terlalu jauh dari tempatku duduk, aku bisa mendengar percakapannya.

"Kalian sekolah nggak?" tanya pemuda itu.

"Dulu sekolah. Sekarang udah nggak, Mas," jawab salah satu anak yang memakai celana pendek selutut yang sudah kumal dan singlet putih kotor.

"Lho, kenapa?"

Ketiga anak itu saling pandang sejenak. Seorang anak lain mengusap ingus dengan punggung tangan, membuat wajahnya makin kotor, sebelum menjawab. "Kan, kami harus kerja, Mas," jawabnya dengan nada polos.

Pemuda itu diam sejenak. "Kalian bisa baca?"

"Bisa!" jawab ketiganya.

"Oya?" alis pemuda itu naik sedikit dengan kaget. "Coba baca itu," dia menujuk sebuah spanduk di depan Fakultas yang berada di seberang masjid.

"Jalan Sehat 2012 Dalam Rangka Dies Natalis Universitas Brawijaya," baca anak-anak itu serentak.

Wajah pemuda itu berbinar. "Wah, pinter," pujinya. "Kalo ngitung, bisa juga?"

Mereka semua mengangguk semangat.

"Mas coba ya," Pemuda itu berdehem. "Tujuh tambah enam?"

Anak-anak itu menghitung sejenak. "Tiga belas!' sorak mereka.

"Tiga belas tambah lima?"

"Delapan belas," jawab anak bersinglet putih.

"Kalau delapan belas tambah empat?"

"Dua dua!"

Aku memerhatikan pemuda itu tampak semakin semangat memberi soal perhitungan pada anak-anak itu. Ketiga anak itu sepertinya baru berusia enam atau tujuh tahun. Untuk ukuran anak yang tidak sekolah, mereka cukup pintar. Namun, pada perhitungan tiga puluhan, anak-anak itu mulai kesulitan. Si pemuda tersenyum kecil.

"Mau nggak belajar lagi?" tawar pemuda itu.

Ketiga anak itu tampak ragu. "Tapi, kalau belajar, nanti kita nggak dapet uang, trus Ayah marah."

Mata pemuda itu menggelap. Ekspresinya berubah murung sebentar, lalu dia tersenyum lagi. "Tapi, kaliannya mau, kan?"

Anak-anak itu mengangguk pelan.

"Gimana kalo gini, besok kalian dateng ke tempat Mas. Ntar Mas ajarin ngitung angka yang lebih besar. Kita belajar sama-sama."

"Tapi, Mas...."

"Nanti, abis kalian belajar, Mas kasih uang. Gimana? Mau ya?" bujuk pemuda itu. "Mas kasih uang nanti," ulangnya.

Pelan-pelan, anak-anak itu mengangguk. Wajah si pemuda kembali berbinar. Dia lalu menyebut alamat yang harus didatangi ketiga anak itu besok.

"Mas tunggu lho!" ujarnya, sebelum anak-anak itu pergi.

"Iya, Mas. Makasih ya...." ucap mereka, lalu berlari pergi menuju gerbang kampus.

Aku melihat pemuda itu masih mengamati ketiga punggung anak-anak tersebut yang semakin menjauh. Kemudian, pemuda itu bergabung bersama teman-temannya lagi untuk masuk ke tenda masjid. Sholat Jumat segera dimulai. Aku masih mengamatinya, tengah tertawa kecil dengan teman-temannya. Setengah tidak percaya kejadian seperti ini benar-benar ada di dunia nyata. Pikiran apakah dia menerima relawan untuk membantu mengajar terlintas. Aku sama sekali tidak keberatan bergabung. Mungkin sebaiknya aku menunggu pemuda itu selesai sholat dan menyampaikan niatku. Atau aku bisa....

"Hei, lama ya nunggunya?"

Aku menoleh dan melihat Rena sudah menyeringai lebar. "Kamu pulang dulu ya?"

Rena mengangguk. "Tadi kelasnya selesai cepet. Ya udah, pulang dulu."

Aku melirik ke arah tenda masjik sekali lagi, mencari sosok pemuda tadi.

"Ngeliatin apa sih?" tanya Rena, ikut menjulurkan kepalanya. "Ada mamas cakep ya yang sholat?"

Aku menatapnya datar. "Nggak ada isi ya tuh otak selain cowok cakep?"

Rena hanya tersenyum santai. Dia menggamit lenganku. "Ayo. Aku laper. Makan apa ya enaknya?"

Aku menghela napas dan mengikutinya. Besok-besok, kalau bertemu dengan pemuda itu lagi, mungkin aku bisa menyampaikan niatku. Yah, semoga bisa bertemu lagi. Setidaknya, kami satu universitas. Peluang bertemu seharusnya lebih lebar.

"Tau, nggak, Ren. Tadi aku liat ada Mamas Manis ngobrol sama pengamen," ujarku. Lalu, aku mulai bercerita pada Rena sementara kaki kami terus bergerak menuju mall yang berjarak hanya lima belas menit dari kampusku.

Sisi lain yang baik seperti itu ternyata masih ada. Dunia belum sepenuhnya rusak. Kaum muda tidak sepenuhnya masa bodoh. Aku ingin menjadi salah satu dari sisi lain yang baik itu.

***


*Based on the True Story*


PS: sebenernya lagi ngerjain proposal skripsi. trus sumpek. Ya udah, nulis ini dikit gak dosa kan? moga bermanfaat :)