Monday, November 28, 2011

#KiatMenulis | sumber: @bentangpustaka



"7 langkah emas" yaitu 7 buah pertanyaan yg harus dijawab ketika menulis novel versi Tasaro GK adl :
  1. Siapakah tokoh utama yang ingin dikisahkan?
  2. Apa cita2 trbsr tkoh utma ini dlm hdupnya? (tdk hrs jbtan/pkerjaan; tp bs impian, ambsi, keingnn, yg mnjd mtivasi utma tkoh)
  3. Siapa atau apa sja yang menghalangi si tokoh tersebut dalam mewujudkan cita-citanya? (tokoh antagonis atau hambatan lainnya)
  4. Bagaimana penulis menceritakan jatuh bangunnya si tokoh dalam memperjuangkan cita-citanya? (ini adalah alur cerita)
  5. Peristiwa apa yang menjadi titik balik pemikiran atau jalan hidup si tokoh tersebut?
  6. Adegan apa yang dipilih oleh si penulis untuk menggambarkan keberhasilan si tokoh dalam meraih impiannya?
  7. Ending dramatik seperti apa yang akan dipilih oleh si penulis bagi tokoh utama tersebut?

itu tadi adalah "7 langkah emas" yang menajdi dasar pembuatan naskah novel. nah, apakah selanjutnya?

Ada lima tahapan penulisan novel, yakni: pre-writing, drafting, revising, editing & proofreading, dan terakhir adl publishing.

Untuk memulainya (PRE-WRITING), tentukan dahulu tema dan genrenya. Penting u/ diingat, pilihlan tema yg unik, jangan yg klise.

PRE-WRITING:
  • U/ mencegah agr tdk terjebak klise, pilihlah tema yg unik, krkter tkoh yg tidak biasa, n pemilihan nama yg unik.
  • Setelah menentukan tema dan genre, langkah selanjutnya adalah mematangkan karakter dalam novel.
  • penting! Karakter yang unik adalah unsur pembangun yang membuat kisah menjadi hidup.
Trik Menciptakan Karakter yg Khas :
  1. Pikirkan nama 5 org yg paling anda ingat (teman, saudara, kerabat, tetangga, atau tokoh)
  2. 2. Tliskan krkter dr msing2 org tsb (wrna&bntuk rambut, wrna kulit, tinggi badan, 3 sifat utama, hobi, impian/cita2nya, dll)
  3. Ciptakan satu nama untuk tokoh utama, misalnya: Sutet.
  4. Ambl 1 krker dr 5 nm tsb u/ dbrikn kpd Sutet. cnth: dr A diambl bntk rmbutnya, dr B impian/cita2nya, dr C 3 sft utmnya, dst)
  5. Sutet udh mmlk krkter sndr yg unk, yg brsl dr cmpran krkter 5 org yg anda knl. Keunkn krkter akn mmberi kkuatan pd jln crita.
  • stlah menyelesaikan karakter, slanjutnya adl mrmpungkan deskripsi. Deskripsi di sini adl bentuk lain dr mmotret setting cerita.
  1. Brbd dgn krkter yg bs dcptkan sliar mungkin mnrt imjnsi pnulis, dskripsi hrs dikndlikan agr pmbca bnr2 bs mrsa trlbat dlm crta.
  2. U/ mnghdupkan dskripsi, qt bs mmprktekkn sjmlh grkn, mksdnya u/ dpt gmbran yg jls mngnai adgn shnga dskripsinya mnjdi lbh baik.
selanjutnya adalah DRAFTING. Yakni menuliskan apapun hasil imajinasi, observasi dan pengalaman pribadi dalam bentuk tulisan.
Jangan memikirkan apakah tulisan itu laku atau tidak, yang penting adalah TULIS DAN SELESAIKAN!

Langkah-langkah dalam drafting:
  1. Tulislah ide cerita dalam satu kalimat ringkas.
  2. Kemudian gabungkan dengan jawaban dalam Tujuh Pertanyaan atau "7 langkah emas" tadi.
  3. Jabarkanlah karakter setiap tokoh (setidaknya tiga tokoh penting).
  4. Mulailah menulis cerita minimal satu paragraf.
  5. Buatlah Opening / pembuka cerita yang menarik. Opening ini penting karena akan menarik perhatian pembaca sejak awal. Ushakan Opening tak mdah ditebak arah ending-nya, coz pembaca “suka ditipu” & tak suka jk ending ternyata sama dngan dugaannya.
  6. Selanjutnya, kembangkan kerangka cerita menjadi lima paragraf. Secara bertahap, teruslah menulis hingga naskah selesai.
selanjutnya REVISING, yakni merevisi kesalahan2 kecil dari ejaan, tanda baca dan sebagainya.
REVISING juga merevisi yang berkaitan dengan alur cerita, konsistensi penokohan/karakter, dan keseluruhan isi cerita.

EDITING & PROOFREADING : Setelah draft naskah pertama selesai, carilah masukan dari beberapa pembaca awal (first readers). first readers bisa teman, kenalan, keluarga, dan lainnya. Mintalah pendapat jujur mereka mengenai keseluruhan isi naskah. dan jangan lupa mintalah mereka untuk menunjukkan kelemahan naskah termasuk kekuatannya. penilaian dari "first readers" penting untuk proses editing naskah hingga benar-benar layak terbit.

dan yang terakhir adalah PUBLISHING. Setelah naskah selesai direvisi dan diedit, carilah penerbit yang potensial atau sesuai dengan jenis naskah novel yang kita punya.
Penting! pelajari aturan pengiriman naskah, dan siapkan segala sesuatunya sebelum mengirimkan naskah ke penerbit.



*untuk lebih jelas, cek #KiatMenulis, atau buka twitter @bentangpustaka


selamat menulis ~

Friday, November 25, 2011

review film : the twilight saga -> breaking dawn (part 1)

jujur saja, alasan utama aku mau nonton film ini karena ada si Taylor Lautner. seandainya gak ada dia, mungkin aku gak akan nonton. karena apa? takut kecewa. apalagi waktu denger kabar kalo nih film dibagi 2 bagian. aku bertanya2 sendiri, 'buat apa dibagi dua? sepadet apa isinya sampe gak bisa dibikin satu aja?'
karena menurutku cerita di breaking dawn ini gak terlalu padet. banyak basa-basi. kalo istilah tanteku, serasa baca diary.nya si bella. sedikit membosankan, plus klimaksnya rada antiklimaks gitu deh. setelah sempat dikecewain eclipse, aku sempet gak mau nonton film ini. tapiii.... pas liat trillernya menampilkan sosok si jacob alias Taylor Lautner-ku yang sangat seksi itu, aku langsung berubah fikiran. terserah gimana jalan ceritanya, ngebayangin ngeliat si werewolf seksi di layar lebar udah bikin aku gak sabar pengen nonton.

sebelum nonton, aku tetep ngerasa bakal dikecewain lagi sama filmnya. part 1 ini pasti banyak basa-basi omong kosong gak jelas tentang percintaan si bella sama edward. penuh tetek bengek yang gak penting dan cuma bakal manjangin cerita. aku udah siap menghadapi kekecewaan, yang aku pikir bakal terbalas dengan ngeliat tampangnya Taylor Lautner, namun ternyata aku salah. filmnya gak seburuk dugaanku. yah.... lumayan lah. gak ngecewain.

inti part satu ini nyeritain tentang perubahannya si bella jadi vampir. dibuka dengan adegan jacob nerima undangan pernikahan bella-edward, dia lari nerobos ujan, buka baju *nampilin perut sixpack-nya*, trus berubah jadi srigala.
dilanjutin dengan pesta pernikahan kedua orang itu. aku suka konsep pestanya. di tengah hutan. unik, gak lazim, menarik, dibanding pesta taman atau pesta dalem gedung yang udah sering.
trus mulai deh adegan-adegan yang gak seharusnya diliat oleh anak2 yang belom punya KTP. hingga akhirnya bella hamil.
di sinilah konflik dimulai. kehamilan bella dianggap gak wajar dan dikhawatirkan bakal bunuh bella. edward dan seluruh anggota keluarga cullen, kecuali rosalie, setuju buat buang bayi setengah vampir itu. tapi bella gak mau, gak peduli kondisinya makin hari makin kritis. nurani seorang ibu ya, gak bakal mau ngorbanin anaknya, gak peduli itu bikin dia nyaris mati.
selain bikin konflik di dalam keluarga cullen, kehamilan bella juga mancing konflik sama kawanan werewolf. sam dkk menganggap anak bella itu bakal bawa malapetaka ke umat manusia. karena itu mereka mau bunuh bella atas pilihannya. jacob yang cinta sama bella menentang keputusan sam. akhirnya kelompok werewolf terpencar. jacob, yang ternyata cucu dari kepala suku terdahulu, milih jalan sendiri. dia sebenernya bisa jadi Alfa*, namun dia nyerahin itu ke sam. karena konflik ini, jacob milih pergi buat ngelindungin bella dan menentang kelompok yang mau bunuh cewek itu. awalnya jacob sendirian. tapi, trus dia diikuti seth sama kakaknya, Leah. seth yang udah temenan sama keluarga cullen juga gak mau bella dibunuh. sedangkan leah gak mau ninggalin adeknya. dan dia juga lebih milih jadi bawahannya jacob daripada jadi bawahan sam, mantan pacarnya yang udah ngimprint** cewek lain. meskipun jacob sempet nolak mereka berdua karena dia mau jalan sendiri, akhirnya dia malah nerima mereka.

klimaks di part 1 ini terjadi waktu bella lahiran. disitu keliatan banget badan bella kurus karena hamil. Carlisle udah bilang kalo kekuatan bella gak sebanding sama si bayi. bayi itu nyolong nutrisi dari bella, bikin kondisi bella makin lemah dari hari-ke hari. untunglah jacob punya ide nyoba ngasih darah ke bella. ternyata emang itu yang dibutuhin.
pas lahiran, bella bener-bener pertaruhin nyawa. perutnya dibelek, sampe digigit oleh si edward. jacob udah nyuruh edward ngasih racun vampir ke bella tapi gak bisa karena anaknya masih di dalem. beberapa saat setelah anaknya keluar, bella meninggal. jacob marah sama edward. dia, yang sebelumnya milih bunuh edward, lebih milih biarin edward hidup dengan nanggung penyesalan karena udah bikin bella mati. edward gak mau percaya bella udah mati, mulai masukin racun vampir ke tubuh bella supaya bella bisa jadi vampir.
jacob yang sedih banget karena bella meninggal, marah sama bayi yang sudah dilahirin bella. dia berniat bunuh bayi itu. tapi, pas dia ngeliat di bayi, dia malah ngimprint si bayi. pasangan jacob ternyata anaknya bella *aku beneran kaget waktu baca bagian ini*. hal itu juga yang bikin kawanan werewolf yang dipimpin sam gak bisa bunuh renesmee, anak bella-edward, karena sesuai hukum mereka, pasangan kawanan werewolf gak boleh disakitin. renesmee pun aman dari cengkraman para werewolf.

balik lagi ke bella. racun2nya edward mulai bereaksi. bella sebenernya kesakitan *dijelasin dibukunya*, tapi dia gak mau bikin orang2 panik, karena itu dia diem, gak teriak2 kesakitan *dibukunya ditulis kalo racunnya ngasih efek yang sangat menyakitkan dan panas*.
filmnya berakhir pas bella buka mata waktu dia udah berubah jadi vampir.


trus... ada adegan penutup yang nampilin keluarga volturi, petinggi kaum vampir. inceran mereka sebelumnya bella *nonton/baca new moon*, karena bella manusia yang tau tentang vampir padahal gak ada seorang manusia pun yang boleh tau tentang mereka karena bisa membahayakan. setelah mereka tau kalo bella udah jadi vampir juga, inceran mereka ganti ke renesmee...
kenapa begitu? tunggu aja di part 2.nya ;)

sekian..


*Alfa : pemimpin kawanan werewolf
**imprint : istilah para werewolf, sejenis sama 'nemuin belahan jiwa'

Thursday, November 24, 2011

re-writing proyek putih :) *part 2*

lagi di tengah proses re-writting proyek putih nih. rencananya mau ikut lomba *again*
pantang menyerah \m/

mau cerita tentang proyek putihnya nih. sebut aja nama proyeknya 'BA'.

beberapa waktu ini, sejak proyek 'UF' selesai, aku iseng buka-buka file proyek lama. proyek-proyek putih yang aku bikin waktu SMA. waktu baca proyek yang aku bikin pertama kali, aku meringis. ceritanya sungguh sangat ABG sekali. pemilihan kata, kalimat, dan ceritanya juga sungguh sangat.... er... gimana ya nyebutnya? ya gitu deh pokoknya.
gitu juga sama proyek kedua. aku sampe meringis. proyek ketiga dan seterusnya gak terlalu parah. dan waktu baca-baca itu aku baru menyadari sesuatu. semua tokoh di proyek2 itu gak punya karakter kuat dan bikin proyeknya jadi hambar. *hiks*

BA ini aku bikin waktu aku kelas 2 SMA. setelah aku baca berulang-ulang, aku nemu banyak banget kekurangan. aku aja bingung sama nih proyek, gimana ntar orang lain baca?
setelah mempertimbangkan banyak hal, akhirnya aku memutuskan untuk merombak ceritanya. inti ceritanya tetep, cuma pengen aku bikin lebih.... menggigit? ya gitu lah..

langkah pertama yang aku bikin, ganti judul. judul sebelumnya terlalu unyu, akhirnya aku mutusin buat bikin judul yang lebih gaul *menurut aku*. aku sampe ngerecokin si iin buat bantuan milih judul yang hasilnya malah bikin dia laper. alhasil, akhirnya aku menemukan judul yang dirasa tepat *untuk saat ini*

setelah masalah judul, selanjutnya aku bikin tokohnya lebih berkarakter. aku kasih keunikan-keunikan buat tokoh utama biar gak tenggelem oleh figuran. ini aku pelajari setelah bergaul lama sama iin. selama ini aku cuma fokus ke jalan cerita, dan gak terlalu mikirin tokoh. ternyata, itu salah. karakter tokoh yang kuat bakal bikin proyeknya lebih enak dibaca daripada proyek dengan karakter yang biasa-biasa aja. setelah semedi tujuh-hari-tujuh-malem pake air dari tujuh-mata-air dan bunga-tujuh-rupa, akhirnya aku mendapat sedikit pencerahan. sekarang tokoh utamanya udah lebih berkarakter dibanding sebelumnya.

selanjutnya, poin penting selain tokoh, tentu saja alur cerita. aku punya kelemahan yang cukup parah yaitu, membuat alur enak di awal proyek, membosankan di tengah, enak lagi di akhir. ntah apa yang terjadi waktu proses bikin yang tengah. sampe saat ini aku masih mencoba memperbaikinya. bagian penting dari alur adalah KLIMAKS. aku masih berusaha menciptakan klimaks yang "BOOM" supaya berkesan. setelah aku baca, proyek ini mengalami masa 'antiklimaks'. *hiks lagi*



sekarang aku lagi re-writting bagian awal. banyak yang harus diganti, ditambah, sampe bagian gak penting yang dihapus. harus bener-bener kerja keras cari inspirasi..
semoga semuanya bisa tepat waktu dan saat 'terlahir kembali', semoga proyek ini bisa jauh lebih baik..
AMIN YA ROBBAL'ALAMIN..


ok. back to business...
ciao!

-EP-

Sunday, November 20, 2011

antrian proyek (part 3)

Welcome to the hell! yeaahhhh!!! \m/

pikiran yang mengatakan kalo sibuk kuliah itu cuma diawal perkuliahan ternyata hanya sebuah PENIPUAN sodara-sodara! pasukan proyek hitam kembali menyerbu di pertengahan semester!

TOLONG! bawakan aku sepuluh lelaki tampan!! (sebagai multivitamin)

oke. semester ini ada delapan mata kuliah. dan yang memberikan tugas untuk minggu ini ada 3. sisanya beberapa minggu kedepan ada 2 lagi. itu baru pemanasan. masih akan ada lagi proyek hitam - proyek hitam selanjutnya.
aku salut si iin bisa gak gila ngadepin tumpukan proyek hitam dia yang jauh lebih banyak.


hasshh....

hidupku indah dan aku mencintainya!

Friday, November 18, 2011

review buku: Dance With The Devil by Sherrilyn Kenyon

Buku keempat serial romance-fantasy Dark Hunter* yang dikarang oleh Sherrilyn Kenyon. Buku ini menceritakan kisahnya Zarek of Moesia. Zarek udah disebut-sebut sekilas di buku ke-2, kisahnya Kyrian, oleh Nick Gautier. Disitu Nick nyebutnya si Sinting Zarek. Dia baru bener-bener muncul pertama kali di buku ke-3, kisahnya Talon. sekilas Zarek digambarkan jahat, kejam, sadis, pokoknya seakan-akan dia itu Dark Hunter paling gak berprike-darkhunter-an. Tapi, ada sesuatu yang bikin aku yakin kalo Zarek itu gak jahat dan feeling aku bilang kalo aku bakal suka sama tokoh ini. dan semuanya terbukti waktu kisahnya Zarek ini terbit.

Kisahnya Zarek bikin penderitaan yang dialami Julian of Macedonia (buku pertama) sama penyaliban Kyrian of Thrace (buku ke-2) gak ada apa-apanya! Zarek lahir dari orangtua yang gak pernah ngarepin kehadirannya. Ibunya si Zarek diperkosa oleh ayahnya. Begitu Zarek lahir ibunya langsung nyuruh orang buat bunuh dia. Tapi orang itu gak tega, dia akhirnya ngasih Zarek ke ayahnya. Dan di sanalah kisah menyedihkan Zarek dimulai. Dia dijadiin budak penerima hukuman oleh ayahnya sendiri. Sementara saudara-saudaranya yang lain bisa makan enak, dia selalu dapet makanan sisa yang bahkan anjing pun gak mau makannya. Segala bentuk penganiayaan fisik udah jadi makanan sehari-hari buat dia. Kondisi tubuhnya udah ancur, babak belur, sampe orang-orang jijik sama dia. Bagian yang bikin aku nyaris nangis, pas waktu flashback ke masa lalu Zarek dan nyeritain adegan dia nemu 3 keping uang logam, trus dia ke pasar buat beli roti. Dia cuma pengen roti segar yang baru keluar dari panggangan. Tapi, pas dia dateng ke toko roti, si pemilik toko langsung ngusir dia karena keadaan dia yang menyedihkan. Dia udah mohon sama si pemilik toko itu buat ngasih dia roti, dia juga udah nunjukin uangnya. Tapi, dia malah dipukul, sampe uangnya jatuh. 3 keping uang itu amat sangat berharga buat budak kayak Zarek yang gak pernah makan enak. Dia pengen, sekali aja dalam hidupnya, makan makanan yang belum dimakan oleh orang lain. Bukan cuma kehilangan uangnya, dia juga ketauan ayahnya keluar dari rumah. Ayahnya marah, trus ngasih dia ke pedagang budak. Kalo biasanya jual budak ke pedagang budak itu dibayar, buat kasus Zarek malah ayahnya yang bayar si pedagang budak biar mau bawa Zarek pergi. Dan harga yang dibayar ayahnya itu jauh lebih murah dari budak paling hina sekalipun.

Kejadian yang bikin Zarek meninggal juga sangat gak adil! Dia difitnah oleh orang yang dia selametin. Sampe akhirnya dia diubah jadi Dark Hunter oleh Dewi Artemis buat bales dendam. Selama masa pelatihan sebagai Dark Hunter sama Acheron, sumbat emosi Zarek keluar. Kemarahan yang selalu dia pendam semasa jadi budak akhirnya terlampiaskan dan gak bisa dipendam lagi. Itulah yang bikin Zarek jadi bertingkah jahat biar orang-orang gak pandang rendah dia lagi.

Yang bikin seneng, akhirnya Zarek dikasih kebahagiaan dari sosok Astrid, anak Dewi Themis. Waktu Zarek mau dijatuhi hukuman mati, Astrid ditugaskan nilai Zarek buat buktiin Zarek pantas mati apa gak. Selama dua minggu Astrid tinggal sama Zarek. Awalnya Astrid anggep Zarek itu pantes dihukum mati karena tingkahnya kasar dan mulutnya kelewat jahat. Tapi, banyak sikap yang dilakuin Zarek bikin Astrid ngerasa kalo Zarek itu gak sejahat yang dia perlihatkan. Lama-kelamaan Astrid mulai mikir kalo ada kemungkinan Zarek gak bersalah dan bisa bebas dari hukumannya. Dari kebersamaan itulah akhirnya mereka saling cinta. Dimata Astrid, Zarek itu sosok Prince Charming baik yang bertingkah jahat cuma buat ngelindungi dirinya, ibarat mawar yang butuh duri. Dan panggilan Princess dari Zarek buat Astrid yang awalnya sebagai hinaan berubah jadi panggilan sayang. Astrid berhasil menjinakan sisi binatang buas di diri Zarek.

Banyak kejutan yang ada dibuku ini. Sherrilyn Kenyon berhasil bikin aku terperangah sambil mengumpat, "sial, ditipu". Tapi kejutan dan penipuan itu gak bikin kecewa kok. Cuma bikin kaget. Kejutan yang paling gak terduga tuh waktu Artemis bilang kalo dia gak pernah jadiin Zarek sebagai Dark Hunter. Zarek bisa hidup abadi dan awet muda karena dia nyuntikin semacam zat yang katanya ngalir di darah para Dewa-Dewi yang bikin mereka abadi. Sedangkan kelebihan dan kekuatan yang dikasih ke Zarek cuma supaya Acheron dan Dark Hunter lain gak sadar kalo Zarek beda. Buat jadiin manusia sebagai Dark Hunter, Artemis harus nyentuh manusia itu buat ngambil jiwanya. Dan karena saat itu penampilan Zarek sangat menjijikan, Artemis gak mau nyentuh dia. Jadi, selama ribuan tahun ini Zarek udah ditipu oleh Artemis. Antara pengen kasian sama Zarek atau ketawa. hehe

Endingnya... Zarek hidup sama Astrid. Setelah menderita ribuan tahun, akhirnya dia dikasih kebahagiaan. Gak cuma itu. Yang bikin makin seneng, Zarek juga dijadiin Dewa. Hal ini diperjelas di buku ke-5, kisahnya Wulf.


Pelajaran penting yang aku tangkep dari cerita ini, setiap penderitaan itu pasti bakal dibales dengan kebahagiaan. Gak peduli selama apa pun penderitaan itu dialami, pasti suatu saat ada kebahagiaan yang dateng. Jangan gampang ngeluh sama cobaan yang dateng, karena bakal ada hikmah menyenangkan di balik tiap cobaan itu..


and finally....

HAPPY READING.... :)


*Dark Hunter: manusia yang menjual jiwanya ke Dewi Artemis demi sebuah pembalasan dendam. Mereka mengabdikan diri untuk melindungi manusia dari daimon yang suka mencuri jiwa manusia

Sunday, November 13, 2011

re-writing proyek putih :)

AKHIRNYA! setelah menghabiskan waktu sekitar 3 bulan, aku berhasil melahirkan satu proyek putih lagi. sekarang mau lanjut ke proses re-writing (penulisan ulang) biar makin mantabs :)

nih proyek sempet stuck selama hampir sebulan lebih dan baru mulai dilanjutin lagi beberapa minggu sebelum UTS. dan ngomong2 ttg UTS, aku sampe harus nitipin laptop ke kamar temen biar gak tergoda lanjutin nih proyek dan bisa belajar dengan tenang, walaupun pada kenyataannya aku tetep cari cara biar gak fokus sama tuh materi-materi yang berhamburan di kasur. aku seneng UTS selesai karena itu berarti aku bisa lanjutin si proyek putih sampe selesai ;)

selain proyek putih yang ini, ada lagi proyek putih yang lagi di edit-edit.. kalo yang itu udah selesai, bisa dilanjutin ke tahap selanjutnya.

udah dua tahun aku gak bikin proyek putih sendirian. nih proyek pertama yang aku bikin sampe selesai selama kuliah. terlalu banyak yang terjadi belakangan ini. hahaha...

proyek putih lainnya kerja bareng sama si iin..

lagi cari-cari judul nih.. judul sementara buat proyek putihku ini 'U*** F**' (sensor :p). kalo gak nemu yang lebih cocok, fix jadi judul asli deh ini..


semoga berjalan lancar. amiinnnnn :)))