Friday, February 19, 2016

Menikah = Menjauhi Zina. I don’t think so…



Udah kontroversi belum judulnya? *dikeplak*

Jadi…beberapa malam yang lalu aku asyik ngobrol sama salah satu sahabatku. Ngobrol ngalor-ngidul yang ujung-ujungnya bahas tentang pernikahan. Dia berencana nikah tahun ini, atau tahun depan. I’m so happy for her. Aku tahu gimana ‘perjalanan’ dia dan si pacar sampai bisa di titik ini.

Sampai dia ngeluarin satu kalimat, yang pasti ‘diamini’ oleh banyak pihak.


“Kalau nikah, kan, enak, Ca, bisa gampang ketemu, bobo ada yang meluk dan dipeluk. Dan yang penting, jauh dari zina. Ngurangin dosa.” *kurang lebih seperti itu*

Dan aku nyeletuk, “Kenapa sih itu terus yang dibawa tiap kali ngomongin nikah? Buat jauhi zina. Emang nikah isinya seks doang apa?”

“Ya nggak gituuuu ….”

Kami lanjut berdebat ~

Sejujurnya, aku salut sama teman-temanku yang berani ambil keputusan besar buat nikah di bawah usia 25 tahun. Well, emang usia gak menjamin tingkat dewasa atau kematangan seseorang, tapi aku sendiri masih belum siap ngebayangin punya tanggung jawab sebesar itu di usia sekarang.

Aku pernah pengin nikah muda. Waktu umur 18 tahun, aku mau nikah di usia 22 tahun. Setelat-telatnya 23 tahun. Dan sekarang, saat aku sudah ada di usia itu, I don’t think I’m ready enough. Bukan cuma ngebayangin gak bisa asal kelayapan dsb. Kalau dipikir, hang out sama suami jelas lebih enak. Tapi, selain bisa ‘pacaran halal’, tanggung jawab sebesar itu masih terlalu besar buatku.

Dulu, di pikiranku juga nikah itu asyik banget. Bisa sama-sama terus bareng laki-laki yang kucintai *eaak*. Pokoknya kalau udah sampai ke tahap nikah, berarti udah happy ending. Happily ever after. Semuanya bakal selalu menyenangkan.

Sama kayak yang lain, “Daripada zina. Mending nikah, buat ngurangin dosa.”

Tapi nikah bukan cuma tentang seks legal. Halal mau ngapain aja. Yang tadinya dosa, berubah jadi pahala.


Aku belum pernah nikah, kemungkinan besar nggak dalam waktu dekat, tapi tetap aja tahu nikah gak sesepele itu. Sekarang, setiap kali denger orang nyebut “buat menjauhi zina” sebagai alasan mereka mutusin nikah, aku otomatis mikir kalau di otak mereka itu tujuan nikah cuma buat seks. Padahal itu cuma salah satu “bonus” yang ada dalam pernikahan.

Dan pas aku udah ngutarain pikiranku, mereka langsung nyahut, “Ya nggak gituuuu…”

LHA TERUS NGAPAIN ITU TENTANG ZINA DIUCAPIN TERUSSSSS???

Kalau ada yang nanya ke aku, kenapa aku mau nikah, jawabanku ada 2. Aku pengin punya anak dan gak mau mati ‘sendirian’. That’s it.

Di negara kita tercinta ini, punya anak gak punya suami sama kayak bunuh diri. Sebelum bunuh diri ya emakku duluan yang bakal gantung aku di langit-langit rumah. Dan pikiran bakal mati ‘sendirian’ selalu bikin aku … sedih. Ya, aku tahu gak akan sendirian beneran. Aku punya keluarga, sahabat. Tapi aku gak mau ‘sendirian’. Kalaupun nanti suamiku ternyata dipanggil duluan, aku tetap gak mati ‘sendirian’ karena dia nunggu ‘di sana’. Khas pemimpi banget, ya bodo amat~

Masalah halal, ada yang dipeluk, dll, dsb itu bonus. Datangnya barengan sama tanggung jawab ngurus suami, ngurus rumah, dan ngurus anak. Belum lagi ‘me time’ harus dibagi jadi ‘bareng suami time’, dan ‘bareng anak time’. Mungkin buat sebagian orang itu menyenangkan. Tapi, buat makhluk introvert kayak aku, gak punya me time itu sama kayak nyiapin diri buat jadi gila (semoga Tuhan ngasih aku suami supportif yang mau dititipin anak tiap emaknya ini butuh nikmatin waktu sendiri. Amin).

Kalau emang ‘menjauhi zina’ segitu pentingnya buat jadi alasan orang mutusin nikah, itu hak mereka. Jangan aja alasan itu bikin nutup mata sama pertimbangan lain yang seharusnya dilihat. Iya, udah gak zina. Udah halal lahir batin. Tapi ternyata mental belum siap bener-bener. Pas punya anak, jadi panik sendiri. Belum lagi kalau mau bahas masalah materi dsb.

“Kan kalau nikah, rezeki yang tadinya satu, jadinya dua.”

AMIN.

Tapi, jangan lupain, kalau nikah pengeluaran yang tadinya satu, juga jadi dua.

Siap? Kalau iya, ya bagus.

Ini mungkin cuma tulisan absurd-ku. Cuma buat ngosongin kepala biar gak ‘kepikiran’. Temen-temenku yang baca bisa jadi pada ngomel, “jomlo aja ngomongin nikah.” *keplak*
Tapi, saranku yang jomlo ini cuma 3.
1.      Jangan cuma lihat enaknya nikah.
2.      Lihat juga konsekuensi dan tanggung jawabnya.
3.      Kalau udah yakin, HAJAR!

Kalau emang niatnya baik, inshaAllah jalannya juga dimudahkan.

Dan tolonglah, jangan bawa-bawa ‘jauhi zina’ terus. Makna nikah gak sesempit itu…

No comments: